RUANG UTAMA

 

SMA Negeri 5 Kota Bogor memiliki luas lahan 4.751 m2 dan luas bangunan 4.321 M2. Meskipun memiliki lahan yang tidak terlalu besar, namun kepala sekolah dapat memanfaatkan potensi lahan yang ada dengan cara memaksimalnya sedemikian mungkin. Salah satu jalan agar memiliki ruang yang memadai, maka dibuatlah ruang menjadi 2 lantai dan bagian belakang menjadi 3 lantai.

Secara garis besar, ruangan yang ada dibagi menjadi 3 kelompok yaitu ruang Utama, ruang Pendukung, dan ruang tambahan. Berikut yang termasuk ke dalam ruang Utama

 

1. Ruang Kepala Sekolah

Ruang tersebut digunakan sebagai ruang kerja kepala sekolah. Ruangan yang minimalis ini tertata apik sehingga menjadi ruangan yang nyaman untuk rapat kecil maupun menyambut tamu.

 

2. Ruang Guru

Ruang tersebut dipergunakan sebagai ruang kerja guru. Masing-masing guru memiliki meja kerja untuk menyimpan dokumen pembelajaran. Di dalam ruang guru terdiri dari 2 WC untuk pria dan wanita. Juga tersedia ruang tamu. Ruang guru dilengkapi dengan perangkat CCTV dan proyektor. 

 

3. Ruang Tata Usaha

Ruang tersebut dipergunakan sebagai ruang tenaga kependidikan yang terdiri dari meja kepala Tata Usaha, tenaga bendahara rutin, tenaga kearsipan, tenaga pendataan kesiswaan, tenaga Dapodikdasmen, dan tenaga umum. Ruangnya dibuat senyaman mungkin karena biasa digunakan untuk menerima tamu maupun siswa. Ruangan ini pun dilengkapi dengan CCTV. 

 

4. Ruang Waka

Ruang tersebut digunakan sebagai ruang kerja Waka Kurikulum, meskipun waka lainnya pun dapat menggunakan ruang tersebut. Ruang tersebut digunakan untuk menyimpan dokumen yang berkaitan dengan kegiatan kurikulum termasuk menyimpan raport siswa. Ruangan tersebut dlengkapi dengan CCTV dengan tujuan melindungi dokumen sekolah.

 

5. Ruang Bimbingan Konseling

Ruang ini merupakan sarana "curhat" antara orangtua, peserta didik dan guru BK. Ruangan yang di fasilitas meja pertemuan yang dapat dipergunakan untuk pembinaan terhadap bakat dan minat peserta didik.

Selain itu, juga dijadikan sarana komunikasi antara guru BK dan orang tua peserta didik. Fasilitas yang ada memang dirancang dan sesuai dengan kebutuhan guru BK agar dapat memberikan pelayanan maksimal terhadap peserta didik dan orang tua.

 

6. Ruang Bendahara Sekolah/Komite

Ruangan tersebut digunakan untuk mengelola keuangan sekolah. Seluruh dokumen perencanaan hingga pelaporan keuangan tersimpan di dalam ruangan tersebut.

 

7. Ruang Kelas

Ruang ini dipergunakan untuk kegiatan proses belajar mengajar. Ruang kelas yang ada sebanyak 27 ruang untuk masing-masing 9 rombel. Ruang ini telah dilengkapi dengan CCTV, lemari sliding, proyektor, layar proyektor, Speaker audio, papan tulis, kipas angin, papan data, meja kursi guru dan siswa, alat kebersihan dan sebagainya.

 

8. Ruang Perpustakaan

Ruangan ini merupakan sentralnya ilmu pengetahuan. Dengan bertambahnya koleksi buku mata pelajaran dan refernsi, tentunya menambah semarak keilmuan yang bisa didapatkan oleh peserta didik. Tidak hanya itu saja, perpustakaan SMAN 5 Bogor pun dilengkapi dengan 5 unit komputer yang dapat dikases oleh peserta didik yang telah terhubung ke jaringan internet.