Smanli Sambut LSS Tingkat Provinsi Jabar 2019
Posted On : 07 November 2019

Rabu (6/11) merupakan hari istimewa bagi smanli, dimana SMA Negeri 5 Kota Bogor kehadiran Tim Penilaian Sekolah Sehat Berkarakter. Setelah menjadi juara 1 Sekolah Sehat Berkarakter Tingkat Kota Bogor, Smanli akhirnya lolos untuk berlomba ke tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2019. Tentunya, berbagai hal telah dipersiapkan sedemikian rupa agar Smanli dapat meraih juara tingkat provinsi. Alhamdulillah, berbagai dukungan baik dari pemerintah daerah melalui SKPD, badan usaha pemerintah maupun swasta, alumni dan orangtua pun turut menyukseskan lomba tersebut.

Dengan berbagai persiapan yang matang untuk menyambut tim penilai, seluruh warga sekolah pun antusias menyambutnya. Kehadiran Tim Penilai dari Provinsi Jawa Barat ke sekolah didampingi Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II Provinsi Jawa Barat, Drs. Aang Karyana,M.Pd, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, H.Fachrudin,M.Pd, Pengawas Pembina SMAN 5 Kota Bogor, Drs.H.Bambang Darmaji, M.Pd, Tim UKS Kota Bogor dan Kecamatan Bogor Barat, yang disambut langsung oleh kepala SMA Negeri 5 Kota Bogor, Dr. Hj. Dewi Suhartini, M.Pd.

Tujuan Penyelenggaraan penilaian sekolah sehat berkarakter yakni untuk membangun kebiasaan perilaku yang sehat. Jadi bukan secara fisik bangunannya bersih, lingkungannya sehat tetapi karakter peserta didiknya pun dibangun agar perilaku sehat menjadi bagian dan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Agar tujuan dari Sekolah Sehat Berkarakter tercapai, maka Smanli membentuk program-program yang menjadi ciri khas melalui program unggulannya yaitu

  1. BERKOBAR (Bersih tanpa Rokok dan Obat-obatan Terlarang)
  2. SUNDANA KULA (Program Kelestarian Budaya Sunda)
  3. JAWARA SMANLI (Jaga Jiwa dan Raga Warga Smanli)
  4. KEDASIH (Kelas dan Sekolah Bersih)
  5. LIBAS (Lima Membaca Sastra)
  6. GULALI (Guru Selalu Peduli)
  7. UBi (Usaha Bibilintik)

“Hal mendasar dalam penilaian Sekolah Sehat Berkarakter terbagi dalam 3 kelompok besar, yaitu Best Performance, Best Achievement, dan Best Character,” ujar H. Teddy Hidayat, M.Pd., selaku ketua tim. Oleh karena itu, tim penilaian memiliki tugasnya masing-masing untuk menilai sesuai instrumen yang mereka miliki. Salah satunya bersama Tim UKS didampingi pendidik dan para duta sekolah sehat menyusuri seluruh lingkungan SMAN 5 Kota Bogor. Tidak saja bangunan dan lingkungan yang diperiksa, tetapi juga program-program sekolah apakah sudah sejalan dengan tujuan sekolah sehat dan juga mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar perilaku dan kebiasaan hidup sehat kepada para peserta didik.

Melalui Lomba Sekolah Sehat Berkarakter ini, diharapkan perilaku hidup sehat menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari seluruh warga sekolah sehingga menghasilkan generasi penerus bangsa yang berbadan sehat dan berjiwa kuat.

 

LSS sambut 2

Tim Penilai beserta jajarannya disambut penari tradisional dan pengalungan bunga

 

LSS sambut 1

Para Duta menyambut kedatangan Tim Penilai dan Tamu Undangan

 

LSS Duta

Para Duta memberikan orasi di depan Tim Penilai dan Tamu Undangan

 

Print Share :
WIDGET


STATISTIK
BUBUY BULAN