Simulasi Kebakaran di Smanli
Posted On : 30 Juli 2019

Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat bencana yang cukup tinggi. Bukan hanya bencana alam, bencana yang disebabkan oleh faktor manusia pun menjadi perhatian serius yang harus cepat ditanggani. Oleh karena itu, SMA Negeri 5 Kota Bogor merasa bersyukur mendapatkan pelatihan dan pembinaan cara menanggani bencana terutama bencana kebakaran yang diselenggarakan oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bogor.

Memang pengetahuan dasar cara menanggulangi atau mendeteksi kebakaran secara dini perlu dipahami oleh peserta didik sehingga bencana tersebut dapat diminimalisir dan tidak meluas ke area lainnya. Dalam simulasi penangganan kebakaran dipraktekkan langsung antara petugas pemadam kebakaran dengan peserta didik, yang bertujuan peserta didik secara langsung tahu cara membuka  dan menggunakan tabung pemadam kebakaran.

Dari pengalaman inilah, sekiranya edukasi simulasi penangganan bencana memang perlu diterapkan secara rutin di sekolah, bukan hanya sekedar tahu tapi juga benar-benar dipahami hingga peserta didik secara spontan dapat bertindak bila ada bencana.

Kerjasama dengan berbagai instansi untuk mengedukasi peserta didik sangat diperlukan, seperti dengan dinas kesehatan, dinas lingkungan hidup, kepolisian, dinas pariwisata dan sebagainya tentunya berdampak positif guna memberikan pencerahan dan stimulus bagi peserta didik yang bukan hanya siap dalam keilmuan tetapi juga siap dalam hal aksinya. Semoga ilmu yang di dapat dari pengalaman ini, membekas dibenak peserta didik khususnya dan warga sekolah umumnya, sehingga kita siap menghadapi dan menanggulangi bencana dilingkungan masing-masing.

Pemadam 3 2019

 

 

 

 

Print Share :
WIDGET


STATISTIK
BUBUY BULAN